cover
Contact Name
Setia Rahmawan
Contact Email
setia.rahmawan@uin-suka.ac.id
Phone
+6285729537765
Journal Mail Official
jtcre@uin-suka.ac.id
Editorial Address
Department of Chemistry Education 2nd floor, Faculty of Education and Teaching Training Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Marsda Adisucipto Street, Yogyakarta Phone +62-274 519739 Fax. +62-274 540971
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Journal of Tropical Chemistry Research and Education
ISSN : 2685144X     EISSN : 26855690     DOI : https://doi.org/10.14421/jtcre2020.22-01
Core Subject : Science, Education,
This journal encompasses original research article and review articles related tropical chemistry, but it is not restricted to, including: Lab based research Teaching & Learning Material Learning Learning Media/Multimedia Evaluation & Assessment Higher Order Thinking Skills Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Education Chemical Content Learning Strategy School Laboratory Experiment
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 1 (2021)" : 6 Documents clear
Pengembangan Modul Kimia Olimpiade Sains Nasional (OSN) Materi Elektrokimia Siti Faujiah; Agus Kamaludin
Journal of Tropical Chemistry Research and Education Vol 3 No 1 (2021)
Publisher : Chemistry Education Department, Faculty of Tarbiyah and Education, UIN Sunan Kalijaga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37079/jtcre.2021.31-01

Abstract

Olimpiade Sains Nasional (OSN) merupakan program pembinaan olah pikir untuk meningkatkan berbagai kompetensi peserta didik, namun pembelajaran di kelas kurang mendukung kemampuan peserta didik untuk mengikuti OSN. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul kimia olimpiade sains nasional (OSN) materi elektrokimia dan menganalisis kualitas modul berdasarkan penilaian ahli media, ahli materi, guru kimia SMA/MA dan respon peserta didik. Penelitian dilakukan dengan menggunakan model pengembangan 4-D ‎yang terdiri atas 4 tahap, yaitu define, design, development, dan disseminate. ‎Penelitian ini dibatasi sampai tahap ketiga atau development. Produk dinilai menggunakan instrumen penilaian kualitas skala Likert dan Gutmann. Produk yang ‎dikembangkan dinilaikan kepada dosen ahli media, dosen ahli materi, dan guru kimia SMA/MA dan direspon oleh peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan penilaian ahli materi, modul kimia OSN yang ‎dikembangkan mendapatkan persentase keidealan 92% dengan kategori Sangat Baik (SB). Penilaian oleh ahli media mendapatkan persentase keidealan 94,54% dengan kategori Sangat Baik (SB). ‎Adapun hasil respon dari guru kimia mendapatkan persentase ‎keidealan 87,62 dengan kategori Baik (B), dan berdasarkan respon ‎peserta didik diperoleh persentase keidealan 91% ‎dengan kategori Sangat Baik (SB).
Hubungan antara Minat dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar pada Pembelajaran Block System Proses Industri Kimia Nurviana Arum Yudanti; Shidiq Premono
Journal of Tropical Chemistry Research and Education Vol 3 No 1 (2021)
Publisher : Chemistry Education Department, Faculty of Tarbiyah and Education, UIN Sunan Kalijaga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14421/jtcre.2021.31-02

Abstract

Pembelajaran block system merupakan pembelajaran yang menggabungkan beberapa jam pelajaran menjadi satu satuan waktu yang panjang, dengan tolak ukur materi dapat tersampaikan secara utuh dan siswa dapat belajar dengan maksimal tanpa terpisah-pisah. Minat dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran block system merupakan faktor yang penting dalam keberhasilan sistem blok sendiri, karena tujuan utama dalam pembelajaran block system adalah meningkatkan kompetensi siswa dan hasil belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara minat dan motivasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Proses Industri Kimia di SMTI Yogyakarta. Penelitian yang dilakukan termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan jenis Ex Post Facto. Metode yang digunakan adalah korelasional dan partisipan dalam penelitian sebanyak 61 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan observasi untuk memperoleh data minat dan motivasi belajar siswa. Selain itu, tes untuk memperoleh data hasil belajar Proses Industri Kimia. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi dan regresi. Berdasakan hasil penelitian diketahui korelasi antara minat terhadap hasil belajar Proses Industri Kimia siswa linier positif dan signifikan dengan nilai r=0,549 dalam kategori sedang. Pengaruh minat terhadap hasil belajar sebesar 30,1%. Korelasi antara motivasi terhadap hasil belajar Proses Industri Kimia siswa linier positif dan signifikan dengan nilai r= 0,486 dalam kategori sedang. Pengaruh motivasi terhadap hasil belajar sebesar 23,7%. Sedangkan hubungan antara minat dan motivasi (secara simultan) terhadap hasil belajar belajar Proses Industri Kimia siswa linier positif dan signifikan dengan nilai r= 0,590 dalam kategori sedang. Pengaruh minat dan motivasi secara simultan terhadap hasil belajar sebesar 34,8%.
Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum Kimia Ramah Buta Warna Untuk Materi Asam-Basa Anisa Nur Khofifah
Journal of Tropical Chemistry Research and Education Vol 3 No 1 (2021)
Publisher : Chemistry Education Department, Faculty of Tarbiyah and Education, UIN Sunan Kalijaga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14421/jtcre.2021.31-03

Abstract

Perubahan warna merupakan salah satu fenomena yang menandai terjadinya reaksi kimia. Oleh karena itu, kemampuan mengidentifikasi perubahan warna menjadi bagian penting dalam praktikum kimia. Meskipun demikian, hal ini seharusnya tidak menjadi penghalang bagi penyandang buta warna untuk belajar dan memilih karir di bidang-bidang yang terkait dengan kimia. Persoalan muncul karena selama ini praktikum kimia secara umum belum didesain ramah bagi penyandang buta warna. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) yang bertujuan untuk mengembangkan buku petunjuk praktikum kimia ramah buta warna untuk materi asam-basa serta mengetahui kualitas produk yang dikembangkan berdasarkan penilaian ahli materi dan ahli media serta mengetahui dan mengkaji respon guru kimia SMA/MA, peserta didik kelas XI, dan penyandang buta warna. Penelitian dilakukan dengan menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri atas 4 tahap, yaitu define, design, develop, dan disseminate. Penelitian ini dibatasi sampai tahap ketiga atau develop. Produk yang dikembangkan ditinjau oleh dosen pembimbing dan peer reviewer untuk diberikan saran perbaikan, kemudian dinilaikan kepada dosen ahli media dan dosen ahli materi sekaligus memberikan saran perbaikan, untuk kemudian direspon oleh guru kimia SMA/MA, peserta didik kelas XI, dan produk juga direspon oleh penyandang buta warna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan penilaian ahli materi, buku petunjuk praktikum kimia ramah buta warna untuk materi asam-basa yang dikembangkan mendapatkan skor 24 dari skor maksimal 24, dengan persentase keidealan 100% sehingga dikategorikan Sangat Baik (SB). Penilaian oleh ahli media mendapatkan skor 21 dari skor maksimal 23 dengan persentase keidealan 91,3% sehingga dikategorikan Sangat Baik (SB). Adapun hasil respon dari guru kimia mendapatkan skor 81 dari skor maksimal 90, dengan persentase keidealan 90% sehingga masuk kategori Sangat Baik (SB), berdasarkan respon peserta didik kelas XI diperoleh skor 53,4 dari skor maksimal 65 dengan persentase keidealan 82,2% sehingga masuk kategori Baik (B), dan berdasarkan respon pengguna dari penyandang buta warna mendapatkan skor 58,5 dari skor maksimal 65 dengan persentase keidealan 90% sehingga dikategorikan Sangat Baik (SB).
Efektivitas Model Pembelajaran Treffinger Dengan Creative Exercise Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Dearisma Sekar Widaddari; Muhammad Zamhari
Journal of Tropical Chemistry Research and Education Vol 3 No 1 (2021)
Publisher : Chemistry Education Department, Faculty of Tarbiyah and Education, UIN Sunan Kalijaga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14421/jtcre.2021.31-04

Abstract

Model pembelajaran yang dapat mengukur berpikir kreatif peserta didik masih sedikit ditemui, maka dari itu dalam penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran Treffinger dengan Creative Exercise terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik secara kognitif dan afektif serta untuk mengetahui efektivitas model tersebut pada pembelajaran materi larutan penyangga. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Sleman kelas XI MIPA semester genap tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuasi eksperimen dengan desain noneqivalent control group design. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kogniti peserta didik yaitu tes tentang larutan penyangga yang terdiri dari pretest dan postest, sedangkan afektifnya menggunakan self assessment berbentuk angket skala sikap berpikir kreatif, lembar observasi, dab lembar respon peserta didik. Teknik analisis efektivitas model pembelajaran Treffinger dengan uji N-Gain. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Treffinger terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik, baik secara kognitif maupun afektif. Hasil ini dibuktikan dengan diperoleh nilai sig. (2-tailed) < 0.05 pada uji statistika kemampuan berpikir kreatif secara kognitif dan afektif berturut-turut sebesar 0.002 dan 0.034. Selain ituhasil uji N-Gain diperoleh sebesar 89.94% yang artinya model pembelajaran Treffinger dengan Creative Exercise efektif diterapkan pada pembelajaran kimia. Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran Treffinger dengan Creatif Exercise mampu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada pembelajara kimia.
Analisis Minat Peserta Didik Dalam Memilih Mata Pelajaran Ujian Nasional Kimia Pada SMAN Di Kabupaten Kulon Progo Tahun 2019/2020 Yasinta Mahanani Dentalina Latifadewi
Journal of Tropical Chemistry Research and Education Vol 3 No 1 (2021)
Publisher : Chemistry Education Department, Faculty of Tarbiyah and Education, UIN Sunan Kalijaga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14421/jtcre.2021.31-05

Abstract

Ujian Nasinal peminatan kimia merupakan salah satu ujian nasional yang dapat dipilih langsung oleh peserta didik. Pemilihan ujian nasional peminatan ini berdasarkan faktor dari masing-masing peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui presentase peserta didik yang memilih mata pelajaran kimia, fisika, dan biologi dalam peminatan Ujian Nasional, faktor-faktor yang menyebabkan peserta didik memilih kimia sebagai mata pelajaran peminatan Ujian Nasional, dan faktor-faktor yang menyebabkan peserta didik tidak memilih kimia sebagai mata pelajaran peminatan Ujian Nasional. Penelitian ini dilakukan pada SMA N di Kabupaten Kulon Progo pada Tahun 2019/2020. Penelitian yang dilakukan termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan matode survei. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket semi terbuka dan wawancara. Angket yang digunakan ada dua macam yaitu angket untuk peserta didik yang memilih kimia sebagai mata pelajaran peminatan Ujian Nasional dan angket untuk peserta didik yang tidak memilih kimia sebagai mata pelajaran peminatan Ujian Nasional. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jumlah peserta didik pada SMA N di Kabupaten Kulon Progo tahun 2019/2020 yang memilih mata pelajaran UN kimia 14,5%, fisika 11,9% dan biologi 73,6%. Kemudian faktor-faktor yang menyebabkan peserta didik dalam memilih kimia sebagai mata pelajaran ujian nasional dalam kategori tinggi yaitu faktor materi 13,2%, perasaan suka 10,6%, guru 9,3%, dan motivasi 10,8%. Sedangkan faktor dengan kategori rendah yaitu ketertarikan 5,9% dan nilai 5,8%. Sementara faktor-faktor yang menyebabkan peserta didik tidak memilih kimia sebagai mata pelajaran ujian nasional dalam kategori tinggi yaitu faktor materi 13,5%, dan motivasi 12,3%. Sedangkan faktor dengan kategori rendah yaitu faktor perasaan tidak suka 9,4%, tidak tertarik 9%, guru 8,9%, dan faktor nilai 7,3%.
Identifikasi Potensi Budaya Lokal Berbasis Etnokimia Di kabupaten Bantul Nur Azizah; Shidiq Premono
Journal of Tropical Chemistry Research and Education Vol 3 No 1 (2021)
Publisher : Chemistry Education Department, Faculty of Tarbiyah and Education, UIN Sunan Kalijaga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14421/jtcre.2021.31-06

Abstract

Kebudayaan dapat dimanfaatkan sebagai sumber pembelajaran, misalnya etnokimia sehingga keberadaannya tetap terjaga. Etnokimia merupakan pembelajaran kimia yang dikaitkan dengan budaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji potensi budaya lokal Kabupaten Bantul bidang industri kerajinan berbasis etnokimia dan mengkaji keterkaitan antara potensi budaya lokal Kabupaten Bantul bidang industri kerajinan dengan pembelajaran kimia. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan studi pustaka. Keabsahan data yang digunakan adalah uji kredibilitas dengan triangulasi data, uji dependabilitas, dan uji konfirmabilitas. Adapun teknik analisa data menggunakan metode Miles Huberman berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data yang terkumpul dikategorisasikan dan disusun secara sistematis kemudian dibuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa potensi budaya lokal Kabupaten dapat dijadikan sebagai sumber pembelajaran berbasis kimia. Potensi budaya lokal berbasis etnokimia di Kabupaten Bantul adalah kerajinan batik, keris, gamelan, dan wayang kulit. Batik dapat dikaitkan dengan materi larutan asam basa, ikatan kimia, konsep mol, dan tata nama kimia. Keris dapat dikaitkan dengan materi sel volta dan korosi serta kimia unsur (periode 4). Gamelan dapat dikaitkan dengan materi reaksi oksidasi dan reduksi serta kimia unsur (periode 4). Wayang kulit dapat dikaitkan dengan materi polimer dan koloid.

Page 1 of 1 | Total Record : 6